Kamis, 30 April 2020

Haid di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim.

Pertama, yang perlu diketahui haid ialah hal alami sunattullah dialami oleh perempuan yang sudah baligh. Manfaat haid sendiri ialah membersihkan/mengeluarkan sel telur matang yang tidak dibuahi beserta darah kotornya. Pada haid, dinding rahim yang semula di design untuk perkembangan sel telur mengalami peluruhan. Jika pada masa subur terjadi pembuahan sel telur oleh sperma maka normalnya dinding rahim akan senantiasa dipertahankan hingga mengalami kehamilan. Pada perempuan  baligh, haid umumnya rutin terjadi  setiap +/- 1 bln sekali (28-35 hari)*. Durasi haid pada orang berbeda-beda tapi pada umumnya terjadi selama satu minggu (6-7 hari)*. Biasanya pada hari-hari awal haid, darah haid yang keluar lebih deras dan cenderung lebih banyak ketimbang di hari-hari akhir haid. Hmm. Informasi dan konsultasi lengkap mengenai haid dan organ reproduksi bisa ditujukan pada yang ahli seperti bidan dan dokter kandungan (SpOg) terdekat. 

Yang menjadi problem adalah jika haid terjadi di bulan ramadhan. Di satu sisi perempuan menginginkan pahala sempurna bulan Ramadhan. Agama Islam sudah memberikan solusi yang sangat tepat untuk hal ini yaitu dengan membayar puasa ramadhan (qodho) di luar bulan ramadhan. Inilah indahnya agama Islam. Problem kedua mungkin ada beberapa perempuan  yang kadang-kadang karena terlalu berlebihan sampai-sampai sering sekali cek dan ricek apalagi di akhir-akhir periode haid. Nah, sangat penting sekali mengetahui kebiasaan durasi haid dan periode haid rutin diluar bulan ramadhan. Dengan mengetahui pola kebiasaan durasi dan periode haid di luar ramadhan dapat mengurangi kerepotan tersebut. Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya mudah yaitu dengan mencatat periode dan durasi haid di luar ramadhan. Bisa dengan menandai kalender, ditandai hari pertama sampai hari terakhir haid. Alternatif lain yang lebih ringkas dengan menandai kalender di smartphone anda. Jika tidak mau repot juga bisa download saja aplikasi kalender haid. Aplikasi seperti cherry, kalender saya, dll. 

Data periode dan durasi haid berguna untuk menqodho puasa. Selain itu data ini juga berguna dalam menyusun rencana tilawah khatam Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Selain itu juga untuk membedakan haid dengan darah istihadah.

Selamat mencoba.

*didapat dari data pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar